Tuesday 18 February 2014

Indonesia U-19 Jajal Calon Kuat Juara Asian Cup U-19



Sujur syukur memenangi duel kontra Korea Selatan 3-2


PSSI serius mempersiapkan Timnas U-19 Indonesia menghadapi piala Asia U-19 di Myanmar. Jepang sebagai calon kuat juara akan  datang ke Jakarta bersama Selandia Baru, dan Myanmar pada awal Mei 2014.

Ketiga negara tersebut dipilih karena beberapa pertimbangan strategis. Jepang salah satu calon kuat juara tentu akan sangat pas untuk mengukur kekuatan Timnas U-19. Myanmar adalah tuan rumah Piala AFC U-19. Sedangkan Selandia Baru adalah tuan rumah Piala Dunia U-20 pada tahun 2015.



Dipilihnya jadwal  pada bulan tersebut karena saat ini Timnas U-19 masih menjalani serangkaian laga uji coba dalam tajuk Tur Nusantara yang berakhir pada pertengahan Maret. Sedangkan akhir Maret sampai awal April juga dijadwalkan tur ke Timur Tengah melawan Uni Emirat Arab, Qatar dan Bahrain sekaligus melaksanakan ibadah umroh.


Setelah dua bulan mejalankan rangkaian uji coba, tim pelatih akan melakukan evaluasi pada bulan April yang dilanjut dengan Pelatnas. Pada saat itulah ada kemungkinan pergeseran pemain yang terpilih menjadi skuad Indonesia U-19 tahap selanjutnya. Karena menurut Indra Sjafri pemain yang ada sekarang belum fix seratus persen. Masih ada kemungkinan pergantian personil.

Format pertandingan melawan ketiga negara di atas adalah uji coba biasa(friendly ), bukan tournament seperti yang akan diselenggarakan di Vietnam. Tempat penyelenggaraannya kemungkinan besar adalah di Yogyakarta, Surabaya atau Jakarta. Jadwal pertandingannya dilaksanakan berbeda-beda. Mereka tidak serentak datang.

Untuk melaksanakan semua agenda uji coba itu, PSSI siap mengelontorkan dana sebesar 30 miliar. Dana sebesar itu didapat dari beberapa sumber. <JP>

No comments: