Friday 23 May 2014

Bintang Muda Indonesia Bela SC Feyenoord di Liga Belanda

Yussa Nugraha (Sepakbolanda doc.)

Indonesia sebenarnya tak pernah surut melahirkan bintang-bintang rumput hijau. Dari masa ke masa Bumi Pertiwi selalu menelorkan talenta penuh bakat. Sebut saja Ramang yang menghentak dunia di era 1950-an, Sutjipto Suntoro, Ronny Pattinasarani dan seterusnya. Tapi entah kenapa bakat-bakat besar itu tak pernah bisa berbanding lurus dengan pencapaian prestasi Timnas Indonesia.

Harapan kini muncul dengan lahirnya Timnas U-19. Evan Dimas Darmono dkk berhasil melambungkan ekspektasi nasional. Keberhasilan menjuarai Piala AFF U-19 dan menghempaskan si Raja Asia Korea Selatan U-19 sebagai pemicunya.

Di tengah-tengah lahirnya para Bintang Muda baik yang kini bergabung dengan Timnas U-19 maupun yang tidak, seperti Gavin Kwan Adsit, Terens Owan Puhiri, Mariando Djonak, Sabeq Fahmi Fahrezi dan lain-lain, kini lahir kembali bintang muda berusia 13 tahun bernama Yussa Nugraha. Ia kini tengah memperkuat klub besar di Liga Belanda U-14, SC Feyenoord.

Yussa Nugraha telah mengawali debutnya dengan bermain full 90 menit. Debut pertamanya berhasil tampil gemilang dengan mengkandaskan tim KNVB U-14 dengan skor telak 4-0. Ia dipercaya Coach Daniel Metselaar sebagai winger kanan di babak pertama dan di posisi gelandang pada babak kedua. Yussa dkk berhasil memuaskan sang pelatih dengan sambutan senyum lebar di akhir pertandingan.
Pemain jangkung yang tercatat sebagai pemain termuda di tim ini, sebelumnya telah malang melintang ikut berlatih di klub-klub Liga Belanda sebelum direkrut SC. Feyenoord. Sebelum pindah ke Rotterdam, Yussa sempat dirayu oleh klub lamanya SV Scheveningen akan diberikan fasilitas khusus dan private training jika bertahan.

Karena memiliki tinggi badan yang menjulang, 170 cm untuk ukuran pemain U-14 dari Asia, Yussa punya julukan khusus di media Belanda, yaitu Jerapah Asia. Beberapa media dan Talent Scouting bahkan sempat meragukan usianya yang sebenarnya. Tapi memang faktanya, bocah Solo ini  lahir 21 Maret 2001.<JP>

Diolah dari : Sepakbolanda

No comments: